Jumat, 23 Oktober 2015

MACAM-MACAM KARYA KALIGRAFI

MACAM-MACAM KARYA KALIGRAFI

            Kaligrafi adalah salah satu jenis karya seni yang mengindahkan bentuk huruf arab atau ayat Al-qur’an tanpa mengubah ayat atau artinya menjadikan huruf tersebut bergaya yang indah dan bernilai estetika. Di dalam seni kaligrafi ini terdapat berbagai macam gaya tulisan yaitu: tulisan naskhi, stulus, khufi, diwani, diwani jail, riq’ah, dan farisi. Di dalam perlombaan MTQ tingkat kabupaten, provinsi, nasional, dan internasional, kalighrafi ini diperlombakan dengan berbagai macam bentuk dan jenis karya kaligrafinya. Adapun macam-macam jenis kaligrafi yang di perlombakan yaitu:

1.      Kalighrafi Naskhi (tulisan buku)

Kaligrafi naskhi ini di perlombakan di MTQ dengan syarat, setiap peserta lomba wajib membuat dua karya kaligrafi yaitu: karya kaligrafi tulisan wajib dan yang kedua karya kaligrafi tulisan sunahnya yang di dalam karya tersebut terdapat berbagai macam gaya tulisan.
 Untuk tulisan wajibnya di dalam karya kalighrafi tersebut hanya terdapat gaya tulisan naskhi serta hiasan garis sepidolnya sehingga membuat lebih indah dan rapi karya kalighrafi tersebut. Sedangkan karya kalighrafi tulisan sunahnya terdapat di dalamnya ketujuh gaya tulisan kaligrafi tersebut serta hiasan sepidol yang berbagai macam bentuk hiasan kalighrafi tulisan sunahnya, ada yang berbentuk masjid, ada yang berbentuk Al-Qur’an dan sebagainya. Perlu di ingat karya kaligrafi naskhi ini hanya berbahan kertas karton, khandam (pena yang membuat   arab tersebut), sepidol, tinta, dan penggaris.
Adapun contoh karya naskhi tulisan wajib dan sunahnya sebagai berikut:
·         Karya kaligrafi tulisan wajib




·         Karya kaligrafi sunnah






Demikianlah kaligrafi naskhi yang sering kali di perlombakan di MTQ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar